20 Januari 2009

Bab 10 E-Commerce : Pasar Digital, Barang Digital

E-Commerce dan Internet

E-Commerce adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersil terjadi di antara banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam Internet dan Web. Internet dan teknologi e-commerce jauh lebih kaya dan canggih daripada revolusi teknologi yang sebelumnya. E-commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, di rumah, di tempat kerja atau bahkan di kendaraan dengan menggunakan mobile commerce. Dari sudut pandang pelanggan, kondisi ini mengurangi biaya transaksi untuk berpartisipasi di pasar.

Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam sudut pandangan yang tradisional.

Satu dari kelebihan mencolok dari teknolog e-commerce adalah standar teknik dari Internet dan karenanya standar teknik untuk melakukan e-commerce merupakan standar universal. Standar ini digunakan oleh semua negara di seluruh dunia dan memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas dari jenis platform teknologi masing-masingnya. Teknologi e-commerce sangat interaktif, yang berarti sangat memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara penjual dan konsumen. Kepadatan informasi dalam pasar e-commerce membuat harga dan biaya menjadi lebih transparan.

Di pasar digital, konsumen dan pemasok dapat melihat harga yang ditentukan untuk sebuah barang dan dalam kondisi itu bentuk pasar digital dikatakan lebih transparan daripada pasar tradisional. Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, biaya menu yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga dengan dinamis yang disesuaikan denan kondisi pasar. Pasar digital dapat mengurangi atau menambah biaya penggantian, bergantung pada sifat produk atau layanan yang dijual, dan dapat menyebabkan penundaan kepuasan.

Barang digital adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Pada umumnya, untuk barang digital, biaya marginal untuk menghasilkan satu unit tambahan nyaris tidak ada. Tetapi, biaya untuk menghasilkan unit asli yang pertama ternyata cukup tinggi. Pada kenyataannya ini hampir mencakup seluruh biaya dari barang karena biaya lain untuk persediaan dan distribusi sangat sedikit. Biaya pengiriman melalui Internet sangat rendah , biaya pemasaran tetap sama dan penentuan harganya sangat bervariasi.

eBay adalah sebuah forum lelang online yang menggunakan e-mail dan kelebihan interaktif lainnya dari Web. Sistem ini menerima tawaran yang dimasukkan ke Internet, mengevaluasi tawaran tersebut dan memberitahukan kepadan penawar tertinggi.

Tiga katagori utama dari e-commerce adalah:

1. E-commerce bisnis ke konsumen

2. E-commerce bisnis ke bisnis

3. E-commerce konsumen ke konsumen

M-Commerce

Aplikasi m-commerce telah digunakan untuk layanan yang lebih mengutamakan ketepatan waktu, sebagai tuntutan orang-orang yang selalu berpindah, atau untuk menyelesaikan tugas dengan lebih efisien daripada menggunakan metode yang lain. Beberapa situs telah dirancang secara khusus untuk m-commerce. Situs tersebut memiliki kelebihan halaman Web dengan grafis yang sedikit dan hanya informasi penting agar dapat masuk ke dalam layar mobile yang kecil.

Implmentasi layanan mobile m-commerce telah terbukti menimbulkan banyak permasalahan. Tombol dan layar di telepon seluler masih terlalu tipis dan lemah untuk digunakan. Sebagian besar telepon yang mampu mengakses Internet memiliki memori dan sumber daya yang terbatas. M-commerce akan diuntungkan dari adanya jaringan 3G dan layanan broadband seluler lainnya dan dari sistem mobile berbayar standar.

Sistem Pembayaran E-Commerce

Peranti lunak e-commerce yang lebih rumit memiliki kemampuan untuk memproses pembelian kartu kredit di Web. Perusahaan juga dapat melakukan kontrak dengan layanan yang memperluas fungsi sistem pembayaran kartu kredit yang ada. Sistem pembayaran kartu digital memperluas fungsi dari kartu kredit ini dapat digunakna untuk pembayaran belanja secara online. Dompet digital dengan aman menyimpan informasi kartu kredit dan identitas pribadi dan menyediakan informasi tersebut di ”checkout counter” situs e-commerce.

Sistem pembayaran mikro telah dikembangkan untuk pembelian yang nilainya kurang dari $10. Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi memungkinkan pembeli melakukan pembayaran mikro dan pembelian melalui Web, mengakumulasikan saldo debit yang harus dibayar secara berkala melalui kartu kredit atau tagihan telepon.

Tidak ada komentar: