tag:blogger.com,1999:blog-49733984971029604892024-02-08T06:34:54.644-08:00SISTEM INFORMASI MANAJEMENSistem informasi adalah sekumpulan komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan/mendapatkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi.chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.comBlogger9125tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-81707932975139717062009-01-20T05:02:00.000-08:002009-01-20T05:03:56.487-08:00Studi Kasus <meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8"><meta name="ProgId" content="Word.Document"><meta name="Generator" content="Microsoft Word 11"><meta name="Originator" content="Microsoft Word 11"><link rel="File-List" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5Caku%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtml1%5C01%5Cclip_filelist.xml"><!--[if gte mso 9]><xml> <w:WordDocument> <w:View>Normal</w:View> <w:Zoom>0</w:Zoom> <w:PunctuationKerning/> <w:ValidateAgainstSchemas/> <w:SaveIfXMLInvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid> <w:IgnoreMixedContent>false</w:IgnoreMixedContent> <w:AlwaysShowPlaceholderText>false</w:AlwaysShowPlaceholderText> <w:Compatibility> <w:BreakWrappedTables/> <w:SnapToGridInCell/> <w:WrapTextWithPunct/> <w:UseAsianBreakRules/> <w:DontGrowAutofit/> </w:Compatibility> <w:BrowserLevel>MicrosoftInternetExplorer4</w:BrowserLevel> </w:WordDocument> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:LatentStyles DefLockedState="false" LatentStyleCount="156"> </w:LatentStyles> </xml><![endif]--><style> <!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Wingdings; panose-1:5 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:2; mso-generic-font-family:auto; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 268435456 0 0 -2147483648 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:595.35pt 842.0pt; margin:1.0in 89.85pt 1.0in 89.85pt; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} /* List Definitions */ @list l0 {mso-list-id:949580673; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:-1458017396 67698703 67698699 67698715 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715;} @list l0:level1 {mso-level-tab-stop:.25in; mso-level-number-position:left; margin-left:.25in; text-indent:-.25in;} @list l0:level2 {mso-level-number-format:bullet; mso-level-text:; mso-level-tab-stop:.75in; mso-level-number-position:left; margin-left:.75in; text-indent:-.25in; font-family:Wingdings;} @list l1 {mso-list-id:1880050086; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:1226730840 67698699 67698699 67698715 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715;} @list l1:level1 {mso-level-number-format:bullet; mso-level-text:; mso-level-tab-stop:.25in; mso-level-number-position:left; margin-left:.25in; text-indent:-.25in; font-family:Wingdings;} @list l1:level2 {mso-level-number-format:bullet; mso-level-text:; mso-level-tab-stop:.75in; mso-level-number-position:left; margin-left:.75in; text-indent:-.25in; font-family:Wingdings;} ol {margin-bottom:0in;} ul {margin-bottom:0in;} --> </style> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="">1.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span><!--[endif]-->Bagaimana perangkat genggam nirkabel milik para eksekutif Unilever berhubungan dengan kinerja bisnis perusahaan?</p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="font-family: Wingdings;"><span style="">Ø<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]-->Perangkat genggam nirkabel yang digunakan para eksekutif Unilever dapat meningkatkan produktivitas mereka. Perangkat tersebut dapat mengirim suara dan data, beroperasi pada jaringan nirkabel yang berbeda, dapat melihat lampiran <i style="">e-mail</i>. Sehingga dapat memudahkan para eksekutif Unilever dalam melakukan kinerja bisnis perusahaan.</p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="">2.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span><!--[endif]-->Dampak potensial dari penerobosan sistem keamana di Unilever :</p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="font-family: Wingdings;"><span style="">Ø<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]-->Perangkat genggam nirkabel mudah hilang atau dicuri karena begitu portabel dan dapat ditembus oleh <i style="">hacker</i> dan pihak luar lainnya. Mengunduh data atau pesan yang tidak ditorisasi dapat membawa masuk <i style="">malware </i>yang berbahaya bagi sistem. </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="">3.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span><!--[endif]-->Faktor manajemen, organisasi dan teknologi apa yang harus ditangani dalam mengembangkan kebijakan pengamanan dan prosedur bagi perangkat genggam mirkabel Unilever?</p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="font-family: Wingdings;" lang="FI"><span style="">Ø<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]-->Membuat larangan-larangan otomatis, seperti tidak boleh membuka lampiran <i style="">e-mail</i> yang dikirim dari PC pengguna. <span style="" lang="FI">Ini mengurangi kesempatan virus menulari jaringan perusahaan. Pengaturan pengamanan ini juga mencegah penggunaan layanan <i style="">e-mail</i> atau browser Web alternatif. <o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="">4.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span><!--[endif]-->Apakah mengizinkan para eksekutif Unilever menggunakan BlackBerry dan telepon genggam merupakan ide yang baik? Mengapa atau mengapa tidak?</p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="font-family: Wingdings;"><span style="">Ø<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]-->Mengizinkan para eksekutif Unilever menggunakan BlackBerry dan telepon genggam merupakan ide yang baik karena dapat memudahkan para eksekutif dalam berkomunikasi dan dapat meningkatkan produktivitas.</p> chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-81167270459745907642009-01-20T05:01:00.000-08:002009-01-20T05:02:47.862-08:00Bab 11 Mengelola Pengetahuan<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8"><meta name="ProgId" content="Word.Document"><meta name="Generator" content="Microsoft Word 11"><meta name="Originator" content="Microsoft Word 11"><link rel="File-List" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5Caku%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtml1%5C01%5Cclip_filelist.xml"><!--[if gte mso 9]><xml> <w:WordDocument> <w:View>Normal</w:View> <w:Zoom>0</w:Zoom> <w:PunctuationKerning/> <w:ValidateAgainstSchemas/> <w:SaveIfXMLInvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid> <w:IgnoreMixedContent>false</w:IgnoreMixedContent> <w:AlwaysShowPlaceholderText>false</w:AlwaysShowPlaceholderText> <w:Compatibility> <w:BreakWrappedTables/> <w:SnapToGridInCell/> <w:WrapTextWithPunct/> <w:UseAsianBreakRules/> <w:DontGrowAutofit/> </w:Compatibility> <w:BrowserLevel>MicrosoftInternetExplorer4</w:BrowserLevel> </w:WordDocument> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:LatentStyles DefLockedState="false" LatentStyleCount="156"> </w:LatentStyles> </xml><![endif]--><style> <!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Wingdings; panose-1:5 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:2; mso-generic-font-family:auto; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 268435456 0 0 -2147483648 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:595.35pt 842.0pt; margin:1.0in 89.85pt 1.0in 89.85pt; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} /* List Definitions */ @list l0 {mso-list-id:679820034; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:76723448 67698699 67698691 67698693 67698689 67698691 67698693 67698689 67698691 67698693;} @list l0:level1 {mso-level-number-format:bullet; mso-level-text:; mso-level-tab-stop:.25in; mso-level-number-position:left; margin-left:.25in; text-indent:-.25in; font-family:Wingdings;} ol {margin-bottom:0in;} ul {margin-bottom:0in;} --> </style><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;} </style> <![endif]--><o:p></o:p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><b style="">Bidang manajemen pengetahuan<o:p></o:p></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Sistem manajemen pengetahuan telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam investasi peranti lunak perusahaan dan pemerintahan. Untuk mengubah data menjadi informasi, perusahaan harus memanfaatkan sumber daya yang ada utnuk menyusun data ke dalam kategori-kategori yang mudah digunakan. Untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan, perusahaan harus memanfaatkan lebih banyak lagi sumber daya untuk menemukan pola, aturan, dan konteks di mana pengetahuan tersebut berguna. Kebijaksanaan adalah pemikiran perorangan atau kelompok dalam menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah. Pengetahuan dapat tersimpan dalam <i style="">e-mail, voice mail, </i>gambar dan dokumen tak berstruktur atau terstruktur. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Melalui sekumpulan data kegiatan terencana dengan pengukuran yang teliti, percobaan, dan masukan dari pelanggan maupun lingkungan sekitar, organisasi mendapatkan pengalaman. Manajemen pengetahuan adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan, memindahkan dan menerapkan pengetahuan. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Organisasi memperoleh pengetahuan melalui beberapa cara, tergantung pada jenis pengetahuan yang dicarinya. Mencoba membangun pusat data yang berisi dokumen, laporan, presentasi, dan praktik-praktik terbaik. Sistem ini kemudian dikembangkan untuk menyertakan dokumen yang tidak terstruktur, seperti <i style="">e-mail.</i></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Sistem manajemen pengetahuan perusahaan adalah sistem serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Sistem kerja pengetahuan adalah sistem yang dikembangkan khusus untuk para teknisi, ilmuan dan para pekerja di bidang pengetahuan lainnya yang bertugas memperoses dan menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan mereka. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><b style="">Sistem Manajemen Pengetahuan Keseluruhan Perusahaan<o:p></o:p></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Kadangkala manajer memerlukan informasi berbentuk dokumen yang tidak benar-benar terstruktur, seperti <i style="">e-mail, voice mail, </i>rekaman percakapan di <i style="">chat room, </i>video, gambar digital, brosur atau buletin. Sistem jaringan pengetahuan memiliki fungsi sebagai penghubung antara pasokan dan permintaan pengetahuan. Sistem jaringan pengetahuan memberikan direktori <i style="">online</i> mengenai para pakar bidang-bidang tertentu di perusahaan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan dalam mencari pakar yang tepat. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Sistem pengetahuan terstruktur melakukan fungsi implementasi penandaan dokumen, antarmuka dengan basis data perusahaan di mana dokumen disimpan, dan membuat portal perusahaan yang dapat digunakan oleh karyawan yang memerlukan pengetahuan perusahaan. Informasi yang semiterstruktur adalah seluruh informasi digital dalam suatu perusahaan yang tidak terdapat dalam dokumen atau laporan formal. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Taksonomi adalah skema untuk mengklasifikasikan informasi dan pengetahuan sedemikian rupa hingga informasi dan pengetahuan tersebut mudah diakses. Sebuah perusahaan bisnis dapat mengakses informasi lebih mudah jika perusahaan tersebut merancang taksonominya sendiri untuk mengklasifikasikan informasi menjadi kategori-kategori. Sistem jaringan pengetahuan menyediakan suatu direktori <i style="">online </i>mengenai keberadaan pakar dalam bidang pengetahuan tertentu dan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan menemukan pakar yang tepat. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Vendor sistem manajemen pengetahuan komersial besar telah mengintegrasikan isi dan kemampuan manajemen dokumennya dengan portal dan teknologi kolaborasi yang canggih. Portal pengetahuan perusahaan dapat memberikan akses pada informasi sumber daya eksternal, seperti umpanan berita dan riset, <i style="">chat/</i>pesan instan, diskusi kelompok, dan konferensi video. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><b style="">Sistem Kerja Pengetahuan<o:p></o:p></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Pekerja pengetahuan melakukan tiga peran kunci yang sangat penting bagi organisasi dan untuk manajer yang bekerja dalam organisasi. :</p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="font-family: Wingdings;"><span style="">Ø<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]-->Menjaga aliran pengetahuan dalam perusahaan seiring dengan perkembangan perusahaan dalam teknologi, sains, pemikiran sosial dan seni.</p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="font-family: Wingdings;"><span style="">Ø<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]-->Bertugas melayani sebagai konsultan internal mengenai pengetahuan khusus mereka, berbagai perubahan yang terjadi dan kesempatan yang muncul. </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="font-family: Wingdings;"><span style="">Ø<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]-->Bertindak sebagai agen perubahan, mengevaluasi, merintis dan mendukung proyek, proyek perubahan. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in; line-height: 150%;">Kebanyakan pekerja pengetahuan mengandalkan sistem perkantoran, seperti pengolah kata, <i style="">voice mail, e-mail, </i>konferensi video, dan sistem penjadwalan yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas di kantor. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><b style="">Teknik Cerdas<o:p></o:p></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in; line-height: 150%;">Kecerdasan buatan dan teknologi basis data memberikan sejumlah teknik cerdas yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi untuk ”menangkap” pengetahuan perorangan dan pengetahuan kolektif, serta mengembangkan pengetahuan tersebut. Sistem-sistem ahli, penalaran berbasis kasus, dan logika <i style="">fuzzy</i> digunakan untuk menangkap pengetahuan yang tersembunyi. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in; line-height: 150%;">Logika <i style="">fuzzy</i> adalah teknologi berbasis aturan yang dapat merepresentasikan ketidakpresisian seperti yang telah disebutkan, dengan menciptkan aturan yang menggunakan nilai subjektif atau nilai yang mendekati. Organisasi dapat menggunakan <i style="">fuzzy </i>untuk menciptakan sistem peranti lunak yang menangkap pengetahuan tersirat yang mengandung ambiguitas linguistik. Jaringan saraf tiruan digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dan sulit dipahami, di mana sejumlah besar data mengenai masalah tersebut telah dikumpulkan. Jaringan saraf tiruan mencari pola dan hubungan dalam data yang sangat besar yang terlalu rumit dan sulit untuk dianalisis manusia. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in; line-height: 150%;">Algoritme genetik berguna untuk mendapatkan solusi optimal untuk masalah spesifik dengan memeriksa sejumlah besar kemungkinan solusi untuk masalah tersebut. Teknik pemecahan masalah dengan algoritme ini secara konsep berbasis pada metode bagaimana organisme hidup beradaptasi dengan lingkungannya. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in; line-height: 150%;">Teknologi agen inteligen dapat membantu para pebisnis menjelajahi data yang besar untuk menemukan dan mengambil tindakan informasi yang dianggap penting. Agen inteligen adalah program peranti lunak yang bekerja di latar belakang tanpa intervensi manusia secara langsung untuk menjalankan tugas-tugas yang spesifik, berulang dan dapat diprediksi. </p> chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-37727617997308019002009-01-20T04:58:00.000-08:002009-01-20T05:01:15.683-08:00Bab 10 E-Commerce : Pasar Digital, Barang Digital<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8"><meta name="ProgId" content="Word.Document"><meta name="Generator" content="Microsoft Word 11"><meta name="Originator" content="Microsoft Word 11"><link rel="File-List" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5Caku%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtml1%5C01%5Cclip_filelist.xml"><!--[if gte mso 9]><xml> <w:WordDocument> <w:View>Normal</w:View> <w:Zoom>0</w:Zoom> <w:PunctuationKerning/> <w:ValidateAgainstSchemas/> <w:SaveIfXMLInvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid> <w:IgnoreMixedContent>false</w:IgnoreMixedContent> <w:AlwaysShowPlaceholderText>false</w:AlwaysShowPlaceholderText> <w:Compatibility> <w:BreakWrappedTables/> <w:SnapToGridInCell/> <w:WrapTextWithPunct/> <w:UseAsianBreakRules/> <w:DontGrowAutofit/> </w:Compatibility> <w:BrowserLevel>MicrosoftInternetExplorer4</w:BrowserLevel> </w:WordDocument> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:LatentStyles DefLockedState="false" LatentStyleCount="156"> </w:LatentStyles> </xml><![endif]--><style> <!-- /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:595.35pt 842.0pt; margin:1.0in 89.85pt 1.0in 89.85pt; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} /* List Definitions */ @list l0 {mso-list-id:554900710; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:-801215850 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715;} @list l0:level1 {mso-level-tab-stop:.25in; mso-level-number-position:left; margin-left:.25in; text-indent:-.25in;} ol {margin-bottom:0in;} ul {margin-bottom:0in;} --> </style><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;} </style> <![endif]--><o:p></o:p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><b style="">E-Commerce dan Internet<o:p></o:p></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span><i style="">E-Commerce</i> adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersil terjadi di antara banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, <i style="">e-commerce</i> berarti transaksi yang terjadi dalam Internet dan Web. Internet dan teknologi <i style="">e-commerce </i>jauh lebih kaya dan canggih daripada revolusi teknologi yang sebelumnya. <i style="">E-commerce</i> memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, di rumah, di tempat kerja atau bahkan di kendaraan dengan menggunakan <i style="">mobile commerce.</i> Dari sudut pandang pelanggan, kondisi ini mengurangi biaya transaksi untuk berpartisipasi di pasar. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Teknologi <i style="">e-commerce</i> memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam sudut pandangan yang tradisional. </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style=""> </span>Satu dari kelebihan mencolok dari teknolog <i style="">e-commerce</i> adalah standar teknik dari Internet dan karenanya standar teknik untuk melakukan <i style="">e-commerce</i> merupakan standar universal. Standar ini digunakan oleh semua negara di seluruh dunia dan memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas dari jenis platform teknologi masing-masingnya. Teknologi <i style="">e-commerce</i> sangat interaktif, yang berarti sangat memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara penjual dan konsumen. <span style="" lang="SV">Kepadatan informasi dalam pasar <i style="">e-commerce</i> membuat harga dan biaya menjadi lebih transparan. <o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>Di pasar digital, konsumen dan pemasok dapat melihat harga yang ditentukan untuk sebuah barang dan dalam kondisi itu bentuk pasar digital dikatakan lebih transparan daripada pasar tradisional. Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, biaya menu yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga dengan dinamis yang disesuaikan denan kondisi pasar. Pasar digital dapat mengurangi atau menambah biaya penggantian, bergantung pada sifat produk atau layanan yang dijual, dan dapat menyebabkan penundaan kepuasan. <o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>Barang digital adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Pada umumnya, untuk barang digital, biaya marginal untuk menghasilkan satu unit tambahan nyaris tidak ada. Tetapi, biaya untuk menghasilkan unit asli yang pertama ternyata cukup tinggi. Pada kenyataannya ini hampir mencakup seluruh biaya dari barang karena biaya lain untuk persediaan dan distribusi sangat sedikit. Biaya pengiriman melalui Internet sangat rendah , biaya pemasaran tetap sama dan penentuan harganya sangat bervariasi. <o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>eBay adalah sebuah forum lelang <i style="">online</i> yang menggunakan <i style="">e-mail </i>dan kelebihan interaktif lainnya dari Web. Sistem ini menerima tawaran yang dimasukkan ke Internet, mengevaluasi tawaran tersebut dan memberitahukan kepadan penawar tertinggi. <span style=""> </span><o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>Tiga katagori utama dari e-commerce adalah:<o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="" lang="SV"><span style="">1.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="" lang="SV">E-commerce bisnis ke konsumen<o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="" lang="SV"><span style="">2.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="" lang="SV">E-commerce bisnis ke bisnis<o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.25in; text-align: justify; text-indent: -0.25in; line-height: 150%;"><!--[if !supportLists]--><span style="" lang="SV"><span style="">3.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="" lang="SV">E-commerce konsumen ke konsumen<o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><o:p> </o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><b style=""><span style="" lang="SV">M-Commerce<o:p></o:p></span></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>Aplikasi <i style="">m-commerce </i>telah digunakan untuk layanan yang lebih mengutamakan ketepatan waktu, sebagai tuntutan orang-orang yang selalu berpindah, atau untuk menyelesaikan tugas dengan lebih efisien daripada menggunakan metode yang lain. Beberapa situs telah dirancang secara khusus untuk <i style="">m-commerce</i>. Situs tersebut memiliki kelebihan halaman Web dengan grafis yang sedikit dan hanya informasi penting agar dapat masuk ke dalam layar <i style="">mobile</i> yang kecil. <o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>Implmentasi layanan <i style="">mobile m-commerce</i> telah terbukti menimbulkan banyak permasalahan. Tombol dan layar di telepon seluler masih terlalu tipis dan lemah untuk digunakan. Sebagian besar telepon yang mampu mengakses Internet memiliki memori dan sumber daya yang terbatas. <i style="">M-commerce</i> akan diuntungkan dari adanya jaringan 3G dan layanan <i style="">broadband</i> seluler lainnya dan dari sistem <i style="">mobile </i>berbayar standar. <o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><o:p> </o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><b style=""><span style="" lang="SV">Sistem Pembayaran E-Commerce<o:p></o:p></span></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>Peranti lunak <i style="">e-commerce</i> yang lebih rumit memiliki kemampuan untuk memproses pembelian kartu kredit di Web. Perusahaan juga dapat melakukan kontrak dengan layanan yang memperluas fungsi sistem pembayaran kartu kredit yang ada. Sistem pembayaran kartu digital memperluas fungsi dari kartu kredit ini dapat digunakna untuk pembayaran belanja secara <i style="">online. </i>Dompet digital dengan aman menyimpan informasi kartu kredit dan identitas pribadi dan menyediakan informasi tersebut di <i style="">”checkout counter”</i> situs <i style="">e-commerce.</i><o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: 150%;"><span style="" lang="SV"><span style=""> </span>Sistem pembayaran mikro telah dikembangkan untuk pembelian yang nilainya kurang dari </span><span style="font-family: Arial;" lang="SV">$</span><span style="" lang="SV">10. Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi memungkinkan pembeli melakukan pembayaran mikro dan pembelian melalui Web, mengakumulasikan saldo debit yang harus dibayar secara berkala melalui kartu kredit atau tagihan telepon. <o:p></o:p></span></p> chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-81487859813397470542009-01-19T02:17:00.000-08:002009-01-19T02:18:01.389-08:00Bab 6 Dasar-dasar Intelegensi Bisnis : Basis Data dan Manajemen InformasiMengorganisasikan Data Dalam Lingkungan File Tradisional<br /> Sebuah sistem informasi yang efektif menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan bagi para penggunanya. Informasi yang akurat tidak memiliki kesalahan. Informasi yang tepat waktu dapat dipakai oleh pembuat keputusan ketika dibutuhkan. Informasi yang relevan artinya informasi itu sangat berguna dan tepat untuk jenis pekerjaan dan keputusan yang membutuhkannya.<br /> Sistem komputer mengorganisasikan data ke dalam sebuah hierarki yang dimulai dengan bit dan byte, menuju field, record, dan basis data. Pengelompokan karakter menjadi sebuah kata, kumpulan kata atau bilangan lengkap dinamakan field. Sekumpulan field yang saling berhubungan, berkumpul menjadi sebuah record. Sekumpulan record yang jenisnya sama dinamakan file. Sekelompok file yang berhubungan membentuk basis data.<br /> Pada banyak organisasi, file data dan sistem cenderung bertumbuh secara mandiri tanpa rencana menyeluruh untuk perusahaan.<br /> Redundansi data adalah adanya duplikasi data dalam beberapa file data sehingga data yang sama disimpan di dalam lebih dari satu lokasi. Redundansi data terjadi ketika kelompok yang berberda dalam organisasi mendapatkan data yang sama secara independen dan menyimpannya secara independen juga. Ketergantungan program data (program data dependency) mengacu pada pansangan data yang tersimpan dalam file dan program tertentu yang dibutuhkan untuk memperbarui dan memelihara file tersebut sehingga perubahan dalam programnya membutuhkan perubahan dalam datanya.<br /> Sistem file tradisional dapat mengirim laporan terjadwal rutin setelah dilakukan pemrograman yang ekstensif, tapi tidak dapat mengirim laporan khusus atau merespons kebutuhan informasi yang tidak diantisipasi secara tepat waktu. Karena kendali terhadap data dan pengelolaannya kurang, akses kepada dan penyebaran dari informasi mungkin tidak dapat dilakukan.<br /> Karena potongan-potongan informasi di dalam bagian yang berbeda dari organisasi tidak dapat dihubungkan satu dengan yang lainnya, maka mustahil informasi tersebut dapat dibagikan atau diakses secara tepat waktu.<br /><br />Pendekatan Basis Data Terhadap Pengelolaan Data<br />Basis data (database) adalah sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundansi data. Sistem manajemen berbasis data (database management system-DBMS) adalah peranti lunak yang memudahkan organisasi untuk memusatkan data, mengelola data secara efisien, dan menyediakan akses data bagi program aplikasi. DBMS memperkecil redundansi dan inkonsistensi data dengan meminimalisasi file-file terpisah yang berisi data yang sama. Jenis DBMS yang paling populer dewasa ini untuk PC juga untuk komputer yang lebih besar dan mainframe adalah DBMS relasional. Sebuah DBMS hierarkis memodelkan hubungan satu ke banyak, sementara DBMS jaringan memodelkan hubungan banyak ke banyak. Sebuah DBMS berorientasi objek (object oriented DBMS) menyimpan data dan prosedur yang menganggap data tersebut sebagai objek yang secara otomatis dapat diambil kembali dan dibagikan.<br />Menggunakan Basis Data untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis dan Proses Pengambilan Keputusan<br /> Perusahaan menggunakan basis data untuk melacak transaksi dasar, seperti membayar pemasok, memproses pesanan, melacak pelanggan, dan membayar gaji karyawan. Tapi perusahaan juga membutuhkan basis data untuk menyediakan informasi yang akan membantu perusahaan menjalankan bisnis dengan lebih efisien, dan membantu manajer dan karyawan membutat keputusan lebih baik.<br /> Gudang data (data warehouse) adalah basis data yang menyimpan data yang sekarang dan terdahulu yang mungkin dimintai oleh para pembuat keputusan di seluruh perusahaan. Data mark adalah subset dari gudang data yang di dalamnya terdapat ringkasan atau porsi data perusahaan yang sangat terfokus, ditempatkan dalam basis data terpisah untuk suatu populasi atau pengguna tertentu. Perangkat-perangkat untuk menggabungkan, menganalisis dan menyediakan akses untuk data yang luas untuk membantu pengguna mengambil keputusan bisnis yang lebih baik sering disebut sebagai inteligensi bisnis (business intlligence).<br /><br />Mengelola Sumber Data<br /> Kebijakan informasi (information policy) menentukan aturan-aturan organisasi dalam hal pembagian, penyebaran, perolehan, standardisasi, klasifikasi, dan penyimpanan dari informasi. Administrasi data (data administration) bertanggung jawab atas kebijakan dan prosedur yang mengatur data sebagai sumber daya organisasi. Basis data dan kebijakan informasi yang dirancang dengan baik akan berlanjut pada jaminan bahwa perusahaan akan memiliki informasi yang dibutuhkannya. Analisis kualitas data sering dimulai dengan audit kualitas data (data quality audit) yang merupakan survei terstruktur atas akurasi dan tingkat kelengkapan dari data dalam sebuah sistem informasi.<br /> Pembersihan dataa (data cleansing atau data scrubbing) adalah kegiatan mendeteksi dan mengoreksi data dalam basis data yang tidak benar, tidak lengkap, formatnya tidak tepat, atau berlebihan. Pembersihan data tidak hanya mengoreksi kesalahan, tetapi juga menekankan antara sekumpulan data yang berbeda yang berasal dari sistem informasi yang terpisah.chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com3tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-29064010262781339832009-01-17T04:48:00.000-08:002009-01-19T02:16:47.849-08:00Bab 5 Infrastruktur TI dan Teknologi BaruInfrastruktur TI<br />Infrastruktur teknologi informasi (TI) sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur TI meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak dan layanan konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang tersebar di seluruh perusahaan atau tersebar di seluruh unit bisnis dalam perusahaan.<br />Infrasturktu TI terdiri atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan.<br />Infrastruktu TI di dalam organisasi saat ini merupakan hasil dari evolusi selama lebih dari 50 tahun di dalam platform komputasi. Lima tahap dalam evolusi ini adalah :<br />1. Era Mesin Akuntansi Elektroni<br />2. Era Maninframe Umum dan Komputer Mini<br />3. Era PC<br />4. Era Klien/Server<br />5. Era Komputasi Internet Perusahaan<br />Perubahan infrastruktur TI yang baru dijelaskan telah menghasilkan perkembagna dalam memrosesan komputer, chip memori, perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan peranti keras dan peranti lunak, dan rancangan peranti lunak yang telah meningkatkan daya komputasi secara eksponensial sementara mengurangi biaya juga secara eksponensial. Berikut adalah perkembangan-perkembangan yang terpenting :<br />1. Hukum Moore dan Daya Pemrosesan Mikro<br />Menjelaskan peningkatan eksponensial dalam daya pemrosesan dan penurunan eksponensial dalam biaya teknologi komputer, melipatgandakan daya prosesor setiap 18 bulan sekali dan menurunkan harga komputasi setengahnya.<br />2. Hukum Penyimpanan Digital Besar<br />Menjelaskan penurunan eksponensial dalam biaya penyimpanan data yang bunyinya ”Jumlah kilobyte data yang dapat disimpandalam media magnetik dengan biaya $1 menjadi dua kali lipat setiap 15 bulan.<br />3. Hukum Metcalfe dan Ekonomi Jaringan<br />Menjelaskan semakin banyaknya penggunaan komputer dengan menunjukkan bahwa nilai sebuah jaringan bagi anggota jaringan tersebut meningkat secara eksponensial seiring anggota jaringan tersebut semakin banyak lagi.<br />4. Mengurangi Biaya Komunikasi dan Internet<br />Turunnya biaya komunikasi dengan cepat dan semakin banyaknya kesempatan dalam industri teknologi untuk menggunakan standar-standar komputasi dan komunikasi<br />5. Dampak Jaringan dan Standar<br />Standar teknologi adalah spesifikasi yang menentukan kompatibilitas berbagai produk dan kemampuan berkomunikasi dalam sebuah jaringan.<br />Standar teknologi meluncurkan skala ekonomi yang dahsyat dan menghasilkan penurunan harga karena para produsen berkonsentrasi pada produk yang dibuat berdasarkan standar tunggal. Tanpa skala ekonomi tersebut, komputasi bagain apa pun akan menjadi jauh lebih mahal daripada yang ada saat ini.<br /> <br />Komponen Infrastruktur<br /> Infrastruktu TI saat ini menghasilkan tujuh komponen utama, yaitu :<br />1. Platform peranti keras komputer<br />2. Platform peranti lunak komputer<br />3. Manajemen dan penyimpanan data<br />4. Platform jaringan/telekomunikasi<br />5. Platform Internet<br />6. Layanan dan konsultasi integrasi sistem<br /><br />Tren Platform Peranti Keras dan Teknologi Baru<br />1. Integrasi platform komputasi dan telekomunikasi<br />Pada tingkat klien, perangkat komunikasi seperti telepon seluler berfungsi sebagai komputer genggam, sementara PDA menjadi telepon seluler. Pada tingkat server dan jaringan, pertumbuhan sistem telepon Internet yang sukses menunjukkan bagaimana platforrm komputasi dan telekomunikasi yang terpisah secara historis menjadi terpusat melalui sebuah jaringan tunggal Internet. Kebanyakan jaringan menjadi sumber dari daya komputasi, sehingga perusahaan bisnis dapat memperbesar daya komputasinya dengan hebat hanya dengan biaya yang sangat sedikit.<br />2. Komputasi grid<br />Komputasi grid meliputi koneksi komputer jarak jauh secara geografis ke dalam jaringan tunggal untuk menciptakan sebuah superkomputer dengan mengombinasikan daya komputasi dari semua komputer pada grid. Alasan bisnis untuk menggunakan komputasi grid adalah penghematan biaya, kecepatan komputasi dan kecekatan.<br />3. Komputasi berdasar permintaan (utilitas)<br />Mengacu pada perusahaan yang menyebarkan permintaan daya komputasi ke pusat pemrosesan data skala besar yang letaknya jauh. Untuk mengurangi biaya kepemilikan sumber peranti keras, komputasi berdasarkan permintaan membuat perusahaan semakin tangkas dalam menggunakan teknologi, dan mengurangi risiko berinvestasi dalam infrastruktur TI secara berlebihan.<br />4. Komputasi otonom dan komputasi edge<br />Komputasi otonom adalah sebuah upaya di seluruh industri untuk mengembangkan sistem yang mampu mengonfigurasi, mengoptimalkan dan menala dirinya sendiri, memperbaiki pada saat terjadi kerusakan, dan melindungi dirinya sendiri dari penyusup asing dari luar dan perusak. Komputasi edge adalah skema bertingkat yang menyeimbangkan pembagian beban untuk aplikasi berbasis Web di mana bagian-bagian penting dar muatan, logika dan pemrosesan situs Web ditampilkan oleh server yang lebih murah dan lebih kecil yang dekat dengan para pengguna untuk meningkatkan waktu respons dan ketangguhan sambil mengurangi biaya teknologinya.<br />5. Virtualisasi dan prosesor multicore<br />Virtualisasi adalah proses menampilkan sejumlah sumber daya komputasi sehingga semua hal tersebut dapat diakses dengan cara yang tidak dibatasi konfigurasi atau lokasi geografis. Virtualisasi server membuat perusahaan dapat menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada waktu yang bersamaan pada sebuah mesin. Selain untuk mengurangi pengeluaran untuk peranti keras dan daya, virtualisasi membuat perusahaan dapat menjalankan aplikasi warisan pada versi sistem operasi yang lebih lama pada server yang sama seperti aplikasi yang lebih baru. Virtualisai juga memberikan fasilitas sentralisasi administrasi peranti keras. Prosesor multicore adalah sirkuit gabungan yang memiliki dua prosesor atau lebih. Teknologi ini memungkinkan dua mesin pemrosesan dengan kebutuhan daya dan pengurangan panas yang lebih sedikit untuk menjalankan tugas-tugas lebih cepat daripada sebuah chip yang membutuhkan sumber daya besar dengan sebuah satu core pemrosesan.<br /><br />Tren Platform Perenti Lunak dan Teknologi Baru<br />Ada enam tema utama dalam evolusi platform peranti lunak kontemporer :<br />1. Linux dan peranti lunak open source<br />Peranti lunak open source diproduksi dan dipelihara oleh komunitas programer global dan dapat diunduh gratis. Linux adalah sebuah sistem open source yang elastis, tangguh, yang dapat berjalan di berbagai platform peranti keras dan digunakan secara luas untuk menjalankan server Web.<br />2. Java<br />Java adalah sistem operasi dan bahasa pemograman yang tidak terpengaruh peranti keras dan merupakan yang terbaik dalam lingkungan pemrograman interaktif untuk Web.<br />3. Peranti lunak perusahaan<br />Meliputi aplikasi perusahaan dan middleware seperti peranti lunak integrasi aplikasi perusahaan dan layanan Web.<br />4. Layanan Web dan arsitektur berorientasi layanan<br />Layanan Web digabungkan dengan komponen peranti lunak berdasarkan standar Web terbuka yang tidak dibatasi oleh produk dan dapat bekerja dengan segala peranti lunak aplikasi dan sistem operasi. Layanan Web dapat digunakan sebagai komponen aplikasi berbasisi Web yang menghubungkan sistem terpisah dalam sebuah perusahaan.<br />5. Mashup dan aplikasi peranti lunak berbasis Web<br />Mashup adalah aplikasi peranti lunak yang baru, layanan yang didasarkan pada penggabungan aplikasi peranti lunak yang berbeda menggunakan jaringan data berkecepatan tinggi, standar komunikasi universal, dan kode open source.<br />6. Outsourcing peranti lunak<br />Perusahaan membeli aplikasi peranti lunak baru dari sumber di luar, termasuk paket peranti lunak dengan mengontrakkan pengembangan aplikasi yang ada ke vendor eksternal atau menyewa layanan peranti lunak dari sebuah penyedia layanan aplikasi.chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-60079181688721440272009-01-13T23:45:00.000-08:002009-01-17T05:36:45.080-08:00REVIEW : PERENCANAAN SISTEM DAN PERKEMBANGAN<p class="MsoNormal" style="FONT-WEIGHT: bold; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Langkah-langkah dalam perencanaan Sistem Informasi, yaitu :</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="FI" style="font-size:100%;">Menciptakan sebuah perusahaan IT dan misi<?xml:namespace prefix = o /><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="FI" style="font-size:100%;">Artikulasi visi untuk IT dalam organisasi<o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Menciptakan rencana strategis dan taktis</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="FI" style="font-size:100%;">Membuat rencana untuk operasi guna mencapai visi dan misi<o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="FI" style="font-size:100%;">Membuat anggaran untuk memastikan bahwa sumber daya yang tersedia untuk mencapai misi dan visi</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><br /><span lang="FI" style="font-size:100%;"><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="FI" style="font-size:100%;"><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="FONT-WEIGHT: bold; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Manfaat dari Standardisasi dalam perencanaan, yaitu :</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Penghematan biaya</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Bila suatu organisasi membeli hardware atau software dalam jumlah yang banyak, maka akan memiliki daya tawar yang rendah dan mendapatkan potongan harga dari penjual.</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;"><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Efisien pelatihan</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Melatih karyawan cara menggunakan berbagai software. </span><span lang="SV" style="font-size:100%;">Agar dapat meningkatkan efektifitas dalam bekerja.<o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="SV" style="font-size:100%;"><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Efisien dukungan</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Lebih terfokus pada keterampilan yang diperlukan untuk standar suite aplikasi dan perangkat keras yang memudahkan bagi organisasi untuk merekrut personil pendukung dan akan memperoleh hasil yang memuaskan layanan kepada pengguna.</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;"><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; TEXT-INDENT: -0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span style="font-size:100%;">Perencanaan pembangunan</span></p><p class="MsoNormal" style="MARGIN-LEFT: 0.25in; LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="SV" style="font-size:100%;">Pengembangan sistem umumnya dilakukan dengan dua pendekatan siklus hidup.</span><br /><span lang="SV" style="font-size:100%;"><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="SV" style="font-size:100%;"><o:p></o:p></span></p><p class="MsoNormal" style="LINE-HEIGHT: 150%; TEXT-ALIGN: justifyfont-family:arial;" ><span lang="SV" style="font-size:100%;">Persyaratan sistem adalah sistem yang diharapkan untuk memenuhi melalui fitur-fitur yang akan melakukan tugasnya. </span><span lang="SV" style="font-size:100%;">Integrasi sistem informasi melihat kebutuhan keseluruhan organisasi untuk setidaknya dari divisi utama. Integrasi sistem sering kali lebih menantang daripada sistem pembangunan. Misalnya, manajer pemasaran dapat memiliki banyak informasi untuk pengambilan keputusan jika mereka memiliki akses yang mudah ke akuntansi dan data keuangan mereka sendiri melalui pemasaran sistem intergrasi.</span></p>chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-46911675442130252022009-01-09T21:16:00.000-08:002009-01-09T21:19:44.494-08:00DAMPAK INTERNET TERHADAP REMAJA<p align="justify"><span style="font-family:times new roman;">Penyimpangan area yang seharusnya tidak boleh dimasuki oleh para remaja yang terhitung belum dewasa, seperti situs porno yang bisa diakses kapanpun. Mungkin dalam perkembangannya, sudah banyak situs porno yang hanya bisa dibuka menggunakan semacam notepad atau kode tertentu tetapi situs porno yang bebas akses pun masih ada dan siap untuk dibuka kapan saja serta oleh siapapun. Selain itu adajuga situs yang menyimpan gambar-gambar sadis dan menyeramkan yang tidak baik bagi perkembangan dan memori remaja, contohnya saja situs www.rotten.com .<br />Layanan yang memuaskan di internet pun bisa membuat waktu para remaja banyak tersita ataupun bisa membentuk pribadi yang pemalas bila tidak diberi pemahaman yang cukup, karena internet merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang mengagungkan kata-kata “instant” dalam prosesnya<br />Melihat dampak negatif dan positif dari teknologi Audio Visual khususnya Internet di atas, dapat disimpulkan bahwa bila dibandingkan dengan dampak negatif maka dampak positifnya adalah jauh lebih banyak, jadi tidak mungkin kalau sampai dilarang di Inonesia.<br />Untuk mengatasi atau lebih tepat mencegah dampak negatif terutama untuk anak-anak dan remaja buletin LEPISI Vo. 8 No. 10 Juli 1995 menyarankan sebagai berikut. Mencegah memang selalu lebih baik, cepat atau lambat komunikasi Audio visual khususnya Internet akan berada di depan mata kita. Lebih baik kita tahu lebih dahulu dari pada menyesal di kemudian hari.<br />Online block: banyak dari pelayanan komersil, seperti American Online dan Prodigy mempunyai mekanisme untuk mengakses daerah terlarang dan tidak tepat untuk anak-anak. Jika anda bergabung pada pelayanan online, akrabkan dengannya dan gunakan dengan persetujuan. Khusus di Indonesia, Radnet - salah satu provider yang ada di Indonesia memang telah memblokir majalah-majalah porno yang terdapat di Internet seperti Playboy dan Penthouse.<br />Cheklist: yakinkan bahwa anak-anak dan remaja tahu mana yang boleh dan tidak boleh. Jangan pernah berikan informasi pribadi kepada orang asing. Jangan melakukan pertemuan face to face dengan user yang lain tanpa persetujuan keluarga. Selalu ingat bahwa anonimitas (ketakbernamaan) dari Net dapat membuat orang menyembunyikan umur dan identitasnya.<br />Menunggu: tetaplah nongkrong ketika anak-anak sedang melakukan sesuatu. Tanyakan favorit apa yang mereka lihat, biarkan mereka mengajarkan pada Anda beberapa ’stroke’net. Jika Anda concern pada kegiatan anak pada online, cobalah berbicara pada mereka tentang hal tersebut. Buatlah komputer menjadi kegiatan keluarga sehingga dapat dinikmati dan didiskusikan bersama oleh seluruh keluarga.<br />Lihatlah jam: Perhatikan berapa yang harus dibayar ketika anak menghabiskan waktunya di online. Banyak tagihan untuk BBS atau Online service. khususnya pada larut malam, mungkin merupakan indikasi dari suatu masalah.<br />Special Software: Pertimbangkan pembelian software pembersih seperti Surfwatch, yang mana akan melindungi computer yang meload dari salah satu tempat access pada Internet yang diketahui berisi hal-hal sexual. Suatu usaha untuk mencari halaman Penthouse Web, sebagai contoh,menghasilkan tulisan di layar "Block by Surfwatch".<br />Anda tidak sendiri: Persatuan orang tua dan guru di sekolah atau kelompok lainnya yang concern terhadap masalah itu bersama-sama akan membawa kita ke tempat dimana kita dapat bertukar pengalaman dan mendapatkan support dari orang yang menghadapi masalah yang sama. Juga katakan pada tetangga, karena upaya Anda akan sia-sia jika anak di seberang rumah tanpa batas.<br />Jadi, kesimpulannya adalah setiap teknologi mempunyai berbagai dampak baik positif maupun negative. Apabila adanya pengawasan dan dukungan dari orang-orang terdekat yang dalam hal ini adalah orang tua maka penyimpangan yang terjadi di penggunaan internet bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Sehingga perlu adanya tindak kooperatif dan kerjasama yang baik antara remaja dan orang tuanya.</span></p>chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-14092918124074788072008-12-02T20:54:00.000-08:002008-12-03T06:07:01.990-08:00BAB 3 Sistem Informaasi, Organisasi, dan Strategi<div align="justify"><strong>Model Daya Kompetitif Porter</strong></div><div align="justify"><strong></strong></div><div align="justify">Model daya kompetitif Michael Porter adalah model yang digunakan untuk mengerti keunggulan kompetitif. Model ini menyediakan pandangan umum terhadap perusahaan, persaingnya dan lingkungan perusahaan. Model ini juga mencakup lingkungan bisnis umum perusahaan. Terdapat lima daya kompetitif yang dapat membentuk nasib perusahaan, yaitu :</div><ol><li><div align="justify">Pesaing tradisional, perusahaan berbagi pangsa pasar dengan pesaing lainnya yang menggunakan cara baru yang lebih efisien untuk memproduksi dan mengenalkan produk dan jasa baru, menarik pelanggan dengan cara mengembangkan merek dan mengenakan biaya perubahan kepada pelangan. <em>Contohnya : alat elektronik dengan merek panasonic akan terus meluncurkan dan mengenalkan produknya yang telah mendapatkan tempat di hati masyarkat.</em></div></li><li><div align="justify">Pemain baru di pasar, perusahaan baru selalu memasuki pasar pada saat ekonomi bebas dengan sumber daya tenaga kerja dan keuangan bergerak. Untuk memasuki pasar ada halangan dan kesulitan'a. <em>Contohnya : sangat mudah untuk memasuki bisnis eceran tetapi sangat sulit untuk memasuki bisnis komputer yang memerlukan modal yang besar dan membutuhkan tenaga ahli.</em></div></li><li><div align="justify">Produk dan jasa pengganti, pengganti yang mungkin digunakan oleh pelanggan jika harga produk dan jasa yang di butuhkan menjadi terlalu tinggi. Teknologi baru menciptakan pengganti sepanjang waktu. Semakin banyak produk dan jasa pengganti pada industri, maka semakin mudah untuk mengendalikan penetapan harga dan semakin rendah margin laba. <em>Contohnya : pada saat sekarang ini orang akan lebih memilih informasi dari internet karena lebih mudah dan cepat untuk diakses serta beritanya lebih akurat dibandingkan dengan informasi dari surat kabar yang untuk memperolehnya membutuhkan waktu, biaya, serta tenaga yang lebih banyak.</em></div></li><li><div align="justify">Pelanggan, perusahaan yang memperoleh keuntungan sangat bergantung pada pengukuran besar atas kemampuannya menarik dan mempertahankan pelanggan serta membebankan harga yang tinggi. Jika seorang pelanggan berpindah kepada produk dan jasa pesaing maka dia akan mempunyai kekuatan yang berkembang. <em>Contohnya : penjualan komputer di internet maka para pelanggan dapat menentukan dan membeli secara online dan mereka memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menentukan komputer yang di inginkan.</em></div></li><li><div align="justify">Pemasok, pasar pemasok dapat memiliki dampak penting pada keuntungan perusahaan, terutama jika perusahaan tidak dapat menaikkan harga sementara pemasok dapat menaikkan harga. Semakin banyak pemasok berbeda yang memiliki perusahaan, maka semakin besar kendali yang dapat dijalankan atas pemasok dalam bentuk harga, kualitas, dan jadwal pengiriman. <em>Contohnya : Usaha percetakan selalu memiliki pemasok yang bersaing, seperti kertas, tinta, dll.</em></div></li></ol>chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4973398497102960489.post-15688976443972334212008-12-02T01:34:00.000-08:002008-12-02T07:10:33.617-08:00BAB 2 E-Bisiness Global : Bagaimana Bisnis Menggunakan Sistem Informasi<div align="justify">Bisnis dapat beroperasi bila berhubungan dengan bagian berbeda yaitu informasi mengenai pemasok, pelanggan, karyawan, tagihan dan pembayaran, serta produk dan jasa.</div><div align="justify">Sistem informasi adalah proses meningkatkan bisnis yang terletak pada inti bisnis. Proses bisnis adalah arus kerja dari bahan baku, informasi dan pengetahuan seperangkat aktivitas. Proses bisnis berpedoman pada metode di mana pekerjaan dikelola, dikoordinnasikan dan difokuskan untuk memproduksi produk dan jasa yang bernilai. Kinerja suatu perusahaan sangat tergantung pada berapa baik proses bisnis dirancang dan dikoordinasikan. Jika dapat memungkinkan perusahaan untuk berinovasi atau untuk menjalankan usahanya dengan lebih baik dari para pesaingnya maka proses bisnis perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan kompetitif.</div><div align="justify"></div><div align="justify">Teknologi baru dapat mengubah arus informasi menggantikan langkah berurutan yaitu tugas yang dapat dilakukan secara paralel dan menghindari penundaan pada pembuatan keputusan. Informasi juga dapat mengubah cara kerja bisnis dan mendorong model bisnis yang sepenuhnya baru. Contoh : Memesan buku yang dilakukan secara <em>online</em> dan <em>mendownload</em> musik.</div><div align="justify">Proses bisnis perlu diperhatikan, baik pada kelas sistem informasi maupun pada karier. </div><div align="justify"></div><div align="justify">Jenis-jenis sistem informasi bisnis yang mendukung proses bisnis perusahaan, yaitu :</div><ul><li><div align="justify">Sistem dari sudut pandang fungsional. Terdiri dari : Sistem pejualan dan pemasaran yang bertanggung jawab dalam menjual produk dan jasa organisasi. Sistem manufaktur dan produksi bertanggung jawab untuk benar-benar memproduksi barang dan jasa suatu perusahaan. Sistem keuangan dan akuntansi bertanggung jawab mengelola aset keuangan perusahaan (mis : uang tunai, saham, obligasi, dan investasi lainnya). Sistem sumber daya manusia bertanggung jawab untuk menarik, mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan.</div></li><li><div align="justify">Sistem dari sudut pandang konstituen. Terdiri dari : Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS) yaitu sistem yang menyimpan catatan aktivitas dasar dan transaksi organisasi (penjualan, penerimaan, penyimpanan kas, penggajian, keputusan kredit, dan arus bahan baku di pabrik). Sistem informasi manajemen (MIS) yaitu merancang kategori khusus sistem informasi yang melayani manajemen tingkat menengah, menyediakan laporan kinerja terbaru perusahaan kepada manajemen tingkat menengah dan sistem pendukung keputusan (DSS) yaitu menunjang pembuatan keputusan yang tidak rutin untuk manajemen tingkat menengah yang berfokus pada masalah yang unik dan cepat berubah. Sistem pendukung eksekutif (ESS) yaitu membantu manajemen senior membuat keputusan, menangani keputusan tidak rutin yang membutuhkan penilaian, evaluasi, dan pendekatan karena tidak mendapat prosedur yang disetujui untuk mencapai solusi, ESS dirancang untuk menggabungkan data tentang kejadian eksternal juga menggambarkan rangkuman informasi dari MIS dan DSS internal.</div></li></ul><p align="justify">Aplikasi perusahaan merupakan sistem yang meliputi area fungsional, berfokus pada menjalankan proses bisnis di dalam perusahaan bisnis dan termasuk seluruh tingkatan manajemen juga membantu bisnis agar menjadi lebih fleksibel dan produktif dengan cara mengoordinasikan proses bisnis dengan lebih dekat dan mengintegrasikan sekelompok proses agar mereka berfokus pada pengelolaan sumber daya yang efisien dan pelayanan pelanggan. Dalam aplikasi perusahaan terdapat empat aplikasi yang utama, yaitu :</p><ol><li><div align="justify">Sistem perusahaan, menyelesaikan masalah dengan cara mengumpulkan data dari beragam proses bisnis inti pada manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, penjualan dan pemasaran, dan sumber daya manusia dan menyimpan data pada penyimpanan data pusat tunggal.</div></li><li><div align="justify">Sistem manajemen rantai pasokan, membantu bisnis mengelola hubungan dengan pemasok. Menyediakan informasi untuk membantu pemasok, perusahaan pembeli, distributor dan perusahaan logistik. Tujuan utamanya untuk mendapatkan jumlah produk yang tepat dari sumber menuju titik konsumsi dengan jumlah waktu tersingkat dan dengan biaya yang rendah.</div></li><li><div align="justify">Sistem manajemen hubungan pelanggan, membantu perusahaan mengelola hubungan denan pelanggan. Menyediakan informasi untuk mengoordinasikan seluruh proses bisnis yang berhungan dengan pelanggan.</div></li><li><div align="justify">Sistem manajemen pengetahuan, memungkinkan organisasi untuk lebih baik dalam mengelola proses pemerolehan dan penerapan pengetahuan dan keahlian. Mengumpulkan seluruh pengetahuan dan pengalaman relevan dalam perusahaan.</div></li></ol><p align="justify"><em><strong>e-business,</strong></em> mengacu kepada penggunaan teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses bisnis utama pada perusahaan. <em><strong>e-commerce,</strong></em> bagian dari e-business yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui internet. <em><strong>e-government,</strong></em> mengacu kepada aplikasi internet dan teknologi jaringan untuk secara digital memungkinkan hubungan pemerintah dan agen sektor publik dengan mansyarakat dan bisnis.</p><p align="justify">Departemen sistem informasi adalah unit organisasi formal yang bertanggung jawab atas jasa teknologi informasi. Bertanggung jawab untuk memelihara perangkat keras dan lunak, penyimpanan data, dan jaringan yang meliputi infrastruktur teknologi informasi suatu perusahaan. Manajer sistem informasi adalah pemimpin tim programer dan analis, manajer proyek, manajer fasilitas fisik, manajer telekomunikasi, dan spesialis basis data. CIO (chief information officer) adalah manajer senior yang mengawasi penggunaan teknologi informasi pada perusahaan. Pengguna akhir adalah perwakilan dari departemen-departemen di luar kelompok sistem informasi dan aplikasi dikembangkan untuk pengguna akhir.</p><p align="justify">Perusahaan yang jumlah karyawannya kurang dari 100 orang tidak memiliki kelompok sistem informasi formal. Hanya memiliki satu atau dua karyawan yang bertanggung jawab untuk menjaga jaringan dan aplikasinya. Perusahaan yang lebih besar akan memiliki departemen sistem informasi yang terpisah. </p>chintha oktowantihttp://www.blogger.com/profile/18336915219736733746noreply@blogger.com0