20 Januari 2009

Studi Kasus

1. Bagaimana perangkat genggam nirkabel milik para eksekutif Unilever berhubungan dengan kinerja bisnis perusahaan?

Ø Perangkat genggam nirkabel yang digunakan para eksekutif Unilever dapat meningkatkan produktivitas mereka. Perangkat tersebut dapat mengirim suara dan data, beroperasi pada jaringan nirkabel yang berbeda, dapat melihat lampiran e-mail. Sehingga dapat memudahkan para eksekutif Unilever dalam melakukan kinerja bisnis perusahaan.

2. Dampak potensial dari penerobosan sistem keamana di Unilever :

Ø Perangkat genggam nirkabel mudah hilang atau dicuri karena begitu portabel dan dapat ditembus oleh hacker dan pihak luar lainnya. Mengunduh data atau pesan yang tidak ditorisasi dapat membawa masuk malware yang berbahaya bagi sistem.

3. Faktor manajemen, organisasi dan teknologi apa yang harus ditangani dalam mengembangkan kebijakan pengamanan dan prosedur bagi perangkat genggam mirkabel Unilever?

Ø Membuat larangan-larangan otomatis, seperti tidak boleh membuka lampiran e-mail yang dikirim dari PC pengguna. Ini mengurangi kesempatan virus menulari jaringan perusahaan. Pengaturan pengamanan ini juga mencegah penggunaan layanan e-mail atau browser Web alternatif.

4. Apakah mengizinkan para eksekutif Unilever menggunakan BlackBerry dan telepon genggam merupakan ide yang baik? Mengapa atau mengapa tidak?

Ø Mengizinkan para eksekutif Unilever menggunakan BlackBerry dan telepon genggam merupakan ide yang baik karena dapat memudahkan para eksekutif dalam berkomunikasi dan dapat meningkatkan produktivitas.

Bab 11 Mengelola Pengetahuan

Bidang manajemen pengetahuan

Sistem manajemen pengetahuan telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam investasi peranti lunak perusahaan dan pemerintahan. Untuk mengubah data menjadi informasi, perusahaan harus memanfaatkan sumber daya yang ada utnuk menyusun data ke dalam kategori-kategori yang mudah digunakan. Untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan, perusahaan harus memanfaatkan lebih banyak lagi sumber daya untuk menemukan pola, aturan, dan konteks di mana pengetahuan tersebut berguna. Kebijaksanaan adalah pemikiran perorangan atau kelompok dalam menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah. Pengetahuan dapat tersimpan dalam e-mail, voice mail, gambar dan dokumen tak berstruktur atau terstruktur.

Melalui sekumpulan data kegiatan terencana dengan pengukuran yang teliti, percobaan, dan masukan dari pelanggan maupun lingkungan sekitar, organisasi mendapatkan pengalaman. Manajemen pengetahuan adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan, memindahkan dan menerapkan pengetahuan.

Organisasi memperoleh pengetahuan melalui beberapa cara, tergantung pada jenis pengetahuan yang dicarinya. Mencoba membangun pusat data yang berisi dokumen, laporan, presentasi, dan praktik-praktik terbaik. Sistem ini kemudian dikembangkan untuk menyertakan dokumen yang tidak terstruktur, seperti e-mail.

Sistem manajemen pengetahuan perusahaan adalah sistem serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital.

Sistem kerja pengetahuan adalah sistem yang dikembangkan khusus untuk para teknisi, ilmuan dan para pekerja di bidang pengetahuan lainnya yang bertugas memperoses dan menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan mereka.

Sistem Manajemen Pengetahuan Keseluruhan Perusahaan

Kadangkala manajer memerlukan informasi berbentuk dokumen yang tidak benar-benar terstruktur, seperti e-mail, voice mail, rekaman percakapan di chat room, video, gambar digital, brosur atau buletin. Sistem jaringan pengetahuan memiliki fungsi sebagai penghubung antara pasokan dan permintaan pengetahuan. Sistem jaringan pengetahuan memberikan direktori online mengenai para pakar bidang-bidang tertentu di perusahaan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan dalam mencari pakar yang tepat.

Sistem pengetahuan terstruktur melakukan fungsi implementasi penandaan dokumen, antarmuka dengan basis data perusahaan di mana dokumen disimpan, dan membuat portal perusahaan yang dapat digunakan oleh karyawan yang memerlukan pengetahuan perusahaan. Informasi yang semiterstruktur adalah seluruh informasi digital dalam suatu perusahaan yang tidak terdapat dalam dokumen atau laporan formal.

Taksonomi adalah skema untuk mengklasifikasikan informasi dan pengetahuan sedemikian rupa hingga informasi dan pengetahuan tersebut mudah diakses. Sebuah perusahaan bisnis dapat mengakses informasi lebih mudah jika perusahaan tersebut merancang taksonominya sendiri untuk mengklasifikasikan informasi menjadi kategori-kategori. Sistem jaringan pengetahuan menyediakan suatu direktori online mengenai keberadaan pakar dalam bidang pengetahuan tertentu dan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan menemukan pakar yang tepat.

Vendor sistem manajemen pengetahuan komersial besar telah mengintegrasikan isi dan kemampuan manajemen dokumennya dengan portal dan teknologi kolaborasi yang canggih. Portal pengetahuan perusahaan dapat memberikan akses pada informasi sumber daya eksternal, seperti umpanan berita dan riset, chat/pesan instan, diskusi kelompok, dan konferensi video.

Sistem Kerja Pengetahuan

Pekerja pengetahuan melakukan tiga peran kunci yang sangat penting bagi organisasi dan untuk manajer yang bekerja dalam organisasi. :

Ø Menjaga aliran pengetahuan dalam perusahaan seiring dengan perkembangan perusahaan dalam teknologi, sains, pemikiran sosial dan seni.

Ø Bertugas melayani sebagai konsultan internal mengenai pengetahuan khusus mereka, berbagai perubahan yang terjadi dan kesempatan yang muncul.

Ø Bertindak sebagai agen perubahan, mengevaluasi, merintis dan mendukung proyek, proyek perubahan.

Kebanyakan pekerja pengetahuan mengandalkan sistem perkantoran, seperti pengolah kata, voice mail, e-mail, konferensi video, dan sistem penjadwalan yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas di kantor.

Teknik Cerdas

Kecerdasan buatan dan teknologi basis data memberikan sejumlah teknik cerdas yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi untuk ”menangkap” pengetahuan perorangan dan pengetahuan kolektif, serta mengembangkan pengetahuan tersebut. Sistem-sistem ahli, penalaran berbasis kasus, dan logika fuzzy digunakan untuk menangkap pengetahuan yang tersembunyi.

Logika fuzzy adalah teknologi berbasis aturan yang dapat merepresentasikan ketidakpresisian seperti yang telah disebutkan, dengan menciptkan aturan yang menggunakan nilai subjektif atau nilai yang mendekati. Organisasi dapat menggunakan fuzzy untuk menciptakan sistem peranti lunak yang menangkap pengetahuan tersirat yang mengandung ambiguitas linguistik. Jaringan saraf tiruan digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dan sulit dipahami, di mana sejumlah besar data mengenai masalah tersebut telah dikumpulkan. Jaringan saraf tiruan mencari pola dan hubungan dalam data yang sangat besar yang terlalu rumit dan sulit untuk dianalisis manusia.

Algoritme genetik berguna untuk mendapatkan solusi optimal untuk masalah spesifik dengan memeriksa sejumlah besar kemungkinan solusi untuk masalah tersebut. Teknik pemecahan masalah dengan algoritme ini secara konsep berbasis pada metode bagaimana organisme hidup beradaptasi dengan lingkungannya.

Teknologi agen inteligen dapat membantu para pebisnis menjelajahi data yang besar untuk menemukan dan mengambil tindakan informasi yang dianggap penting. Agen inteligen adalah program peranti lunak yang bekerja di latar belakang tanpa intervensi manusia secara langsung untuk menjalankan tugas-tugas yang spesifik, berulang dan dapat diprediksi.

Bab 10 E-Commerce : Pasar Digital, Barang Digital

E-Commerce dan Internet

E-Commerce adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersil terjadi di antara banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam Internet dan Web. Internet dan teknologi e-commerce jauh lebih kaya dan canggih daripada revolusi teknologi yang sebelumnya. E-commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, di rumah, di tempat kerja atau bahkan di kendaraan dengan menggunakan mobile commerce. Dari sudut pandang pelanggan, kondisi ini mengurangi biaya transaksi untuk berpartisipasi di pasar.

Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam sudut pandangan yang tradisional.

Satu dari kelebihan mencolok dari teknolog e-commerce adalah standar teknik dari Internet dan karenanya standar teknik untuk melakukan e-commerce merupakan standar universal. Standar ini digunakan oleh semua negara di seluruh dunia dan memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas dari jenis platform teknologi masing-masingnya. Teknologi e-commerce sangat interaktif, yang berarti sangat memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara penjual dan konsumen. Kepadatan informasi dalam pasar e-commerce membuat harga dan biaya menjadi lebih transparan.

Di pasar digital, konsumen dan pemasok dapat melihat harga yang ditentukan untuk sebuah barang dan dalam kondisi itu bentuk pasar digital dikatakan lebih transparan daripada pasar tradisional. Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, biaya menu yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga dengan dinamis yang disesuaikan denan kondisi pasar. Pasar digital dapat mengurangi atau menambah biaya penggantian, bergantung pada sifat produk atau layanan yang dijual, dan dapat menyebabkan penundaan kepuasan.

Barang digital adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Pada umumnya, untuk barang digital, biaya marginal untuk menghasilkan satu unit tambahan nyaris tidak ada. Tetapi, biaya untuk menghasilkan unit asli yang pertama ternyata cukup tinggi. Pada kenyataannya ini hampir mencakup seluruh biaya dari barang karena biaya lain untuk persediaan dan distribusi sangat sedikit. Biaya pengiriman melalui Internet sangat rendah , biaya pemasaran tetap sama dan penentuan harganya sangat bervariasi.

eBay adalah sebuah forum lelang online yang menggunakan e-mail dan kelebihan interaktif lainnya dari Web. Sistem ini menerima tawaran yang dimasukkan ke Internet, mengevaluasi tawaran tersebut dan memberitahukan kepadan penawar tertinggi.

Tiga katagori utama dari e-commerce adalah:

1. E-commerce bisnis ke konsumen

2. E-commerce bisnis ke bisnis

3. E-commerce konsumen ke konsumen

M-Commerce

Aplikasi m-commerce telah digunakan untuk layanan yang lebih mengutamakan ketepatan waktu, sebagai tuntutan orang-orang yang selalu berpindah, atau untuk menyelesaikan tugas dengan lebih efisien daripada menggunakan metode yang lain. Beberapa situs telah dirancang secara khusus untuk m-commerce. Situs tersebut memiliki kelebihan halaman Web dengan grafis yang sedikit dan hanya informasi penting agar dapat masuk ke dalam layar mobile yang kecil.

Implmentasi layanan mobile m-commerce telah terbukti menimbulkan banyak permasalahan. Tombol dan layar di telepon seluler masih terlalu tipis dan lemah untuk digunakan. Sebagian besar telepon yang mampu mengakses Internet memiliki memori dan sumber daya yang terbatas. M-commerce akan diuntungkan dari adanya jaringan 3G dan layanan broadband seluler lainnya dan dari sistem mobile berbayar standar.

Sistem Pembayaran E-Commerce

Peranti lunak e-commerce yang lebih rumit memiliki kemampuan untuk memproses pembelian kartu kredit di Web. Perusahaan juga dapat melakukan kontrak dengan layanan yang memperluas fungsi sistem pembayaran kartu kredit yang ada. Sistem pembayaran kartu digital memperluas fungsi dari kartu kredit ini dapat digunakna untuk pembayaran belanja secara online. Dompet digital dengan aman menyimpan informasi kartu kredit dan identitas pribadi dan menyediakan informasi tersebut di ”checkout counter” situs e-commerce.

Sistem pembayaran mikro telah dikembangkan untuk pembelian yang nilainya kurang dari $10. Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi memungkinkan pembeli melakukan pembayaran mikro dan pembelian melalui Web, mengakumulasikan saldo debit yang harus dibayar secara berkala melalui kartu kredit atau tagihan telepon.

19 Januari 2009

Bab 6 Dasar-dasar Intelegensi Bisnis : Basis Data dan Manajemen Informasi

Mengorganisasikan Data Dalam Lingkungan File Tradisional
Sebuah sistem informasi yang efektif menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan bagi para penggunanya. Informasi yang akurat tidak memiliki kesalahan. Informasi yang tepat waktu dapat dipakai oleh pembuat keputusan ketika dibutuhkan. Informasi yang relevan artinya informasi itu sangat berguna dan tepat untuk jenis pekerjaan dan keputusan yang membutuhkannya.
Sistem komputer mengorganisasikan data ke dalam sebuah hierarki yang dimulai dengan bit dan byte, menuju field, record, dan basis data. Pengelompokan karakter menjadi sebuah kata, kumpulan kata atau bilangan lengkap dinamakan field. Sekumpulan field yang saling berhubungan, berkumpul menjadi sebuah record. Sekumpulan record yang jenisnya sama dinamakan file. Sekelompok file yang berhubungan membentuk basis data.
Pada banyak organisasi, file data dan sistem cenderung bertumbuh secara mandiri tanpa rencana menyeluruh untuk perusahaan.
Redundansi data adalah adanya duplikasi data dalam beberapa file data sehingga data yang sama disimpan di dalam lebih dari satu lokasi. Redundansi data terjadi ketika kelompok yang berberda dalam organisasi mendapatkan data yang sama secara independen dan menyimpannya secara independen juga. Ketergantungan program data (program data dependency) mengacu pada pansangan data yang tersimpan dalam file dan program tertentu yang dibutuhkan untuk memperbarui dan memelihara file tersebut sehingga perubahan dalam programnya membutuhkan perubahan dalam datanya.
Sistem file tradisional dapat mengirim laporan terjadwal rutin setelah dilakukan pemrograman yang ekstensif, tapi tidak dapat mengirim laporan khusus atau merespons kebutuhan informasi yang tidak diantisipasi secara tepat waktu. Karena kendali terhadap data dan pengelolaannya kurang, akses kepada dan penyebaran dari informasi mungkin tidak dapat dilakukan.
Karena potongan-potongan informasi di dalam bagian yang berbeda dari organisasi tidak dapat dihubungkan satu dengan yang lainnya, maka mustahil informasi tersebut dapat dibagikan atau diakses secara tepat waktu.

Pendekatan Basis Data Terhadap Pengelolaan Data
Basis data (database) adalah sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundansi data. Sistem manajemen berbasis data (database management system-DBMS) adalah peranti lunak yang memudahkan organisasi untuk memusatkan data, mengelola data secara efisien, dan menyediakan akses data bagi program aplikasi. DBMS memperkecil redundansi dan inkonsistensi data dengan meminimalisasi file-file terpisah yang berisi data yang sama. Jenis DBMS yang paling populer dewasa ini untuk PC juga untuk komputer yang lebih besar dan mainframe adalah DBMS relasional. Sebuah DBMS hierarkis memodelkan hubungan satu ke banyak, sementara DBMS jaringan memodelkan hubungan banyak ke banyak. Sebuah DBMS berorientasi objek (object oriented DBMS) menyimpan data dan prosedur yang menganggap data tersebut sebagai objek yang secara otomatis dapat diambil kembali dan dibagikan.
Menggunakan Basis Data untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis dan Proses Pengambilan Keputusan
Perusahaan menggunakan basis data untuk melacak transaksi dasar, seperti membayar pemasok, memproses pesanan, melacak pelanggan, dan membayar gaji karyawan. Tapi perusahaan juga membutuhkan basis data untuk menyediakan informasi yang akan membantu perusahaan menjalankan bisnis dengan lebih efisien, dan membantu manajer dan karyawan membutat keputusan lebih baik.
Gudang data (data warehouse) adalah basis data yang menyimpan data yang sekarang dan terdahulu yang mungkin dimintai oleh para pembuat keputusan di seluruh perusahaan. Data mark adalah subset dari gudang data yang di dalamnya terdapat ringkasan atau porsi data perusahaan yang sangat terfokus, ditempatkan dalam basis data terpisah untuk suatu populasi atau pengguna tertentu. Perangkat-perangkat untuk menggabungkan, menganalisis dan menyediakan akses untuk data yang luas untuk membantu pengguna mengambil keputusan bisnis yang lebih baik sering disebut sebagai inteligensi bisnis (business intlligence).

Mengelola Sumber Data
Kebijakan informasi (information policy) menentukan aturan-aturan organisasi dalam hal pembagian, penyebaran, perolehan, standardisasi, klasifikasi, dan penyimpanan dari informasi. Administrasi data (data administration) bertanggung jawab atas kebijakan dan prosedur yang mengatur data sebagai sumber daya organisasi. Basis data dan kebijakan informasi yang dirancang dengan baik akan berlanjut pada jaminan bahwa perusahaan akan memiliki informasi yang dibutuhkannya. Analisis kualitas data sering dimulai dengan audit kualitas data (data quality audit) yang merupakan survei terstruktur atas akurasi dan tingkat kelengkapan dari data dalam sebuah sistem informasi.
Pembersihan dataa (data cleansing atau data scrubbing) adalah kegiatan mendeteksi dan mengoreksi data dalam basis data yang tidak benar, tidak lengkap, formatnya tidak tepat, atau berlebihan. Pembersihan data tidak hanya mengoreksi kesalahan, tetapi juga menekankan antara sekumpulan data yang berbeda yang berasal dari sistem informasi yang terpisah.

17 Januari 2009

Bab 5 Infrastruktur TI dan Teknologi Baru

Infrastruktur TI
Infrastruktur teknologi informasi (TI) sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur TI meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak dan layanan konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang tersebar di seluruh perusahaan atau tersebar di seluruh unit bisnis dalam perusahaan.
Infrasturktu TI terdiri atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan.
Infrastruktu TI di dalam organisasi saat ini merupakan hasil dari evolusi selama lebih dari 50 tahun di dalam platform komputasi. Lima tahap dalam evolusi ini adalah :
1. Era Mesin Akuntansi Elektroni
2. Era Maninframe Umum dan Komputer Mini
3. Era PC
4. Era Klien/Server
5. Era Komputasi Internet Perusahaan
Perubahan infrastruktur TI yang baru dijelaskan telah menghasilkan perkembagna dalam memrosesan komputer, chip memori, perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan peranti keras dan peranti lunak, dan rancangan peranti lunak yang telah meningkatkan daya komputasi secara eksponensial sementara mengurangi biaya juga secara eksponensial. Berikut adalah perkembangan-perkembangan yang terpenting :
1. Hukum Moore dan Daya Pemrosesan Mikro
Menjelaskan peningkatan eksponensial dalam daya pemrosesan dan penurunan eksponensial dalam biaya teknologi komputer, melipatgandakan daya prosesor setiap 18 bulan sekali dan menurunkan harga komputasi setengahnya.
2. Hukum Penyimpanan Digital Besar
Menjelaskan penurunan eksponensial dalam biaya penyimpanan data yang bunyinya ”Jumlah kilobyte data yang dapat disimpandalam media magnetik dengan biaya $1 menjadi dua kali lipat setiap 15 bulan.
3. Hukum Metcalfe dan Ekonomi Jaringan
Menjelaskan semakin banyaknya penggunaan komputer dengan menunjukkan bahwa nilai sebuah jaringan bagi anggota jaringan tersebut meningkat secara eksponensial seiring anggota jaringan tersebut semakin banyak lagi.
4. Mengurangi Biaya Komunikasi dan Internet
Turunnya biaya komunikasi dengan cepat dan semakin banyaknya kesempatan dalam industri teknologi untuk menggunakan standar-standar komputasi dan komunikasi
5. Dampak Jaringan dan Standar
Standar teknologi adalah spesifikasi yang menentukan kompatibilitas berbagai produk dan kemampuan berkomunikasi dalam sebuah jaringan.
Standar teknologi meluncurkan skala ekonomi yang dahsyat dan menghasilkan penurunan harga karena para produsen berkonsentrasi pada produk yang dibuat berdasarkan standar tunggal. Tanpa skala ekonomi tersebut, komputasi bagain apa pun akan menjadi jauh lebih mahal daripada yang ada saat ini.

Komponen Infrastruktur
Infrastruktu TI saat ini menghasilkan tujuh komponen utama, yaitu :
1. Platform peranti keras komputer
2. Platform peranti lunak komputer
3. Manajemen dan penyimpanan data
4. Platform jaringan/telekomunikasi
5. Platform Internet
6. Layanan dan konsultasi integrasi sistem

Tren Platform Peranti Keras dan Teknologi Baru
1. Integrasi platform komputasi dan telekomunikasi
Pada tingkat klien, perangkat komunikasi seperti telepon seluler berfungsi sebagai komputer genggam, sementara PDA menjadi telepon seluler. Pada tingkat server dan jaringan, pertumbuhan sistem telepon Internet yang sukses menunjukkan bagaimana platforrm komputasi dan telekomunikasi yang terpisah secara historis menjadi terpusat melalui sebuah jaringan tunggal Internet. Kebanyakan jaringan menjadi sumber dari daya komputasi, sehingga perusahaan bisnis dapat memperbesar daya komputasinya dengan hebat hanya dengan biaya yang sangat sedikit.
2. Komputasi grid
Komputasi grid meliputi koneksi komputer jarak jauh secara geografis ke dalam jaringan tunggal untuk menciptakan sebuah superkomputer dengan mengombinasikan daya komputasi dari semua komputer pada grid. Alasan bisnis untuk menggunakan komputasi grid adalah penghematan biaya, kecepatan komputasi dan kecekatan.
3. Komputasi berdasar permintaan (utilitas)
Mengacu pada perusahaan yang menyebarkan permintaan daya komputasi ke pusat pemrosesan data skala besar yang letaknya jauh. Untuk mengurangi biaya kepemilikan sumber peranti keras, komputasi berdasarkan permintaan membuat perusahaan semakin tangkas dalam menggunakan teknologi, dan mengurangi risiko berinvestasi dalam infrastruktur TI secara berlebihan.
4. Komputasi otonom dan komputasi edge
Komputasi otonom adalah sebuah upaya di seluruh industri untuk mengembangkan sistem yang mampu mengonfigurasi, mengoptimalkan dan menala dirinya sendiri, memperbaiki pada saat terjadi kerusakan, dan melindungi dirinya sendiri dari penyusup asing dari luar dan perusak. Komputasi edge adalah skema bertingkat yang menyeimbangkan pembagian beban untuk aplikasi berbasis Web di mana bagian-bagian penting dar muatan, logika dan pemrosesan situs Web ditampilkan oleh server yang lebih murah dan lebih kecil yang dekat dengan para pengguna untuk meningkatkan waktu respons dan ketangguhan sambil mengurangi biaya teknologinya.
5. Virtualisasi dan prosesor multicore
Virtualisasi adalah proses menampilkan sejumlah sumber daya komputasi sehingga semua hal tersebut dapat diakses dengan cara yang tidak dibatasi konfigurasi atau lokasi geografis. Virtualisasi server membuat perusahaan dapat menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada waktu yang bersamaan pada sebuah mesin. Selain untuk mengurangi pengeluaran untuk peranti keras dan daya, virtualisasi membuat perusahaan dapat menjalankan aplikasi warisan pada versi sistem operasi yang lebih lama pada server yang sama seperti aplikasi yang lebih baru. Virtualisai juga memberikan fasilitas sentralisasi administrasi peranti keras. Prosesor multicore adalah sirkuit gabungan yang memiliki dua prosesor atau lebih. Teknologi ini memungkinkan dua mesin pemrosesan dengan kebutuhan daya dan pengurangan panas yang lebih sedikit untuk menjalankan tugas-tugas lebih cepat daripada sebuah chip yang membutuhkan sumber daya besar dengan sebuah satu core pemrosesan.

Tren Platform Perenti Lunak dan Teknologi Baru
Ada enam tema utama dalam evolusi platform peranti lunak kontemporer :
1. Linux dan peranti lunak open source
Peranti lunak open source diproduksi dan dipelihara oleh komunitas programer global dan dapat diunduh gratis. Linux adalah sebuah sistem open source yang elastis, tangguh, yang dapat berjalan di berbagai platform peranti keras dan digunakan secara luas untuk menjalankan server Web.
2. Java
Java adalah sistem operasi dan bahasa pemograman yang tidak terpengaruh peranti keras dan merupakan yang terbaik dalam lingkungan pemrograman interaktif untuk Web.
3. Peranti lunak perusahaan
Meliputi aplikasi perusahaan dan middleware seperti peranti lunak integrasi aplikasi perusahaan dan layanan Web.
4. Layanan Web dan arsitektur berorientasi layanan
Layanan Web digabungkan dengan komponen peranti lunak berdasarkan standar Web terbuka yang tidak dibatasi oleh produk dan dapat bekerja dengan segala peranti lunak aplikasi dan sistem operasi. Layanan Web dapat digunakan sebagai komponen aplikasi berbasisi Web yang menghubungkan sistem terpisah dalam sebuah perusahaan.
5. Mashup dan aplikasi peranti lunak berbasis Web
Mashup adalah aplikasi peranti lunak yang baru, layanan yang didasarkan pada penggabungan aplikasi peranti lunak yang berbeda menggunakan jaringan data berkecepatan tinggi, standar komunikasi universal, dan kode open source.
6. Outsourcing peranti lunak
Perusahaan membeli aplikasi peranti lunak baru dari sumber di luar, termasuk paket peranti lunak dengan mengontrakkan pengembangan aplikasi yang ada ke vendor eksternal atau menyewa layanan peranti lunak dari sebuah penyedia layanan aplikasi.

13 Januari 2009

REVIEW : PERENCANAAN SISTEM DAN PERKEMBANGAN

Langkah-langkah dalam perencanaan Sistem Informasi, yaitu :

Menciptakan sebuah perusahaan IT dan misi

Artikulasi visi untuk IT dalam organisasi

Menciptakan rencana strategis dan taktis

Membuat rencana untuk operasi guna mencapai visi dan misi

Membuat anggaran untuk memastikan bahwa sumber daya yang tersedia untuk mencapai misi dan visi


Manfaat dari Standardisasi dalam perencanaan, yaitu :

Penghematan biaya

Bila suatu organisasi membeli hardware atau software dalam jumlah yang banyak, maka akan memiliki daya tawar yang rendah dan mendapatkan potongan harga dari penjual.

Efisien pelatihan

Melatih karyawan cara menggunakan berbagai software. Agar dapat meningkatkan efektifitas dalam bekerja.

Efisien dukungan

Lebih terfokus pada keterampilan yang diperlukan untuk standar suite aplikasi dan perangkat keras yang memudahkan bagi organisasi untuk merekrut personil pendukung dan akan memperoleh hasil yang memuaskan layanan kepada pengguna.

Perencanaan pembangunan

Pengembangan sistem umumnya dilakukan dengan dua pendekatan siklus hidup.

Persyaratan sistem adalah sistem yang diharapkan untuk memenuhi melalui fitur-fitur yang akan melakukan tugasnya. Integrasi sistem informasi melihat kebutuhan keseluruhan organisasi untuk setidaknya dari divisi utama. Integrasi sistem sering kali lebih menantang daripada sistem pembangunan. Misalnya, manajer pemasaran dapat memiliki banyak informasi untuk pengambilan keputusan jika mereka memiliki akses yang mudah ke akuntansi dan data keuangan mereka sendiri melalui pemasaran sistem intergrasi.

09 Januari 2009

DAMPAK INTERNET TERHADAP REMAJA

Ringkasan ini tidak tersedia. Harap klik di sini untuk melihat postingan.